IndoCharity

Organisasi nirlaba yang ditujukan untuk menjadi rumah segala derma, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pendidikan, membina perkembangan anak-anak kurang mampu, serta pemeliharaan lingkungan.
Mari Bergabung!

Indocharity Scholarship Project


Indocharity Scholarship Project adalah program pemberian beasiswa pada anak kurang mampu, yang masih semangat bersekolah, agar tetap bersekolah dan mengejar cita-cita nya. di Inisiasikan oleh organisasi sosial Indocharity. Donatur yang telah terdaftar akan bergantian membayar iuran sekolah (SPP) si anak yang dipilih selama masa yang ditentukan (minimal 1 tahun). Tidak hanya iuran sekolah, pengeluaran lainnya juga akan ditanggung, seperti seragam sekolah, buku buku, iuran PKL, dan lain lain.

Siapa yang akan kita bantu ?
Anak sekolah di jakarta dan sekitarnya, yang memiliki kriteria sbb :
-          Yatim piatu, atau tidak mampu lagi membiayai sekolahnya
-          Bersemangat sekolah
-          Pelajar SMK (atau SMP swasta, untuk permulaan). Karena SMK biayanya mahal, dan setelah SMK mereka bisa langsung bekerja
-          Sudah disetujui oleh para donatur yang akan memilih anak tersebut
-          Berprestasi adalah optional
Untuk permulaan, akan dipilih anak di jakarta dan sekitarnya. Nantinya, kami ingin bisa mencakup anak dari sabang sampai merauke.

Bagaimana sistematis project nya ?
Berikut tahapannya :
1. Indocharity akan mengumpulkan sejumlah orang (1-12 orang) yang setuju untuk membiayai satu orang anak. Siapa saja boleh ikutan. Dan satu orang, bisa menentukan utk bersediamembiayai berapa bulan SPP. Minimal 1 orang 1 bulan.
2. jika GRUP sudah didapat (misalkan GRUP A = 12 donatur), list anak akan dicarikan melalui yayasan penyandang pendidikan anak kurang mampu, ataupun bisa melalui individual yang mereferensikan. Jika list sudah didapat, GRUP  A akan memilih 1 anak adri list tersebut.
3. jika semua donatur di GRUP A sudah setuju, pembayaran SPP si anak akan dimulai secepatnya. 12 orang utk 12 bulan. Pemilihan siapa bayar bulan apa, dibebaskan. Menurut persetujuan donatur di GRUP A, atau diundi. Metode pembayaran dibayarkan langsung ke pihak sekolah, tanpa melalui perantara. Kecuali jika tidak memungkinkan, boleh melalui perantara seperti Indocharity, atau si yayasan penyandang. Jika mungkin, setiap bukti pembayaran, harus disimpan pada GRUP A
4. SPP adalah jenis iuran WAJIB. Diluar iuran wajib, ada iuran NONRUTIN, seperti beli buku, biaya PKL, dst. Akan dibebankan pada GRUP A secara sukarela. bisa urunan membayarnya.
5. para donatur di Grup A akan selalu berkomunikasi dengan anggotanya, juga dengan anak yang dibantu. Hal ini penting, karena selain biaya, mereka juga perlu perhatian.

Apa yang diperlukan untuk ikut dalam project ini ?
Beberapa hal yang perlu ada sebelum kamu memutuskan menjadi donatur :
1. kemampuan untuk membayar, paling tidak 1 bulan iuran sekolah si anak. Minimal 200ribu rupiah. Tidak fix, bergantung pada besarnya iuran si anak.
2. komitmen untuk menunaikan kewajibannya. Yaitu bayar SPP minimal 1 bulan sesuai kesepakatan, dan juga tanggung jawab untuk memberi perhatian pada si anak.
Saya rasa dua hal ini yang paling utama. Jika kamu memilikinya, yuk gabung !


Saya mau jadi donatur! Gimana caranya ?
Gampang banget. Kirim data diri lengkap (termasuk twitter dan fb name) ke email : indocharity.org@gmail.com , atau sms ke contact person SATU 0857 1863 0055 , EMMY 0856 911 44110

Selain jadi donatur, adakah hal lain yg bisa saya bantu ?
Tentu saja! Kamu bisa daftar sebagai donatur NONRUTIN. Donatur NONRUTIN akan dikabari setiap ada keperluan NONRUTIN, sehingga bisa ikutan utk urunan. Selain sebagai donatur nonrutin, kamu juga bisa membantu dengan mencarikan anak anak kurang mampu yang ada disekitar kamu. Ada lagi, kamu juga bisa bantu menyebarkan info ini ke semua temen kamu, siapa tau ada yang mau ikutan :)

Segitu dulu project descriptionnya. Segala pertanyaan bisa ditanya ke email Indocharity atau ke contact person langsung.

CONTACT PERSON INDOCHARITY SCHOLARSHIP PROJECT
SATU 0857 1863 0055 , @satucl
EMMY 0856 911 44110 , @mmychaan

Ditulis oleh
Satu Cahaya Langit
Anggota Indocharity

Share this: