IndoCharity

Organisasi nirlaba yang ditujukan untuk menjadi rumah segala derma, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pendidikan, membina perkembangan anak-anak kurang mampu, serta pemeliharaan lingkungan.
Mari Bergabung!

[picnicharity] laporan kegiatan



TARGET : Sanggar Anak Matahari, Anak anak jalanan dari matraman
JENIS BANTUAN
Bermain dan belajar bersama dengan konsep piknik ceria, makanan (nasi kuning, kue ulang tahun), minuman (susu, aqua), puding, buah (jeruk, anggur), snack dalam bingkisan, baju, buku buku

KEGIATAN
Berpiknik bersama, games, menggambar, mewarnai, melipat kertas, bernyanyi, saling mengenal antara adik dan kakak kakak. berbagi keceriaan.

LAPORAN KEUANGAN

[INCOME]
A1: uang kas ICHI per juni 2011 = Rp 4,648,418.00
A2 : total donasi = Rp 1,466,550.00
Atotal : Rp 6,114,968

[OUTCOME]
B1 : carter angkutan grup matraman = Rp 100,000
B2 : carter metromini utk grup sanggar matahari = Rp 500,000
B3 : isi bensin dan tip supir metromini = Rp 100,000
Btotal : Rp 700,000

SALDO KAS ICHI per 23 oktober 2011: Atotal – Btotal = Rp 5,414,968.00


SEPUTAR KEGIATAN
Dimulai dengan briefing volunteer dan panitia acara. menggelar tikar dan menyiapkan peralatan. pukul 3.00 adik adik dari sanggar matahari datang, lebih banyak dari perkiraan sebelumnya yaitu 28 orang, ternyata ada hampir 40 orang di dalam metromini tersebut. kami mulai membagi adik adik yang ada ke dalam kelompok kecil. 6 adik, 2 kakak. Sebut saja kelompok Darman dan Arvan, Yenny dan Eva, Sasa dan Chandra, Izza dan Gesti, masing masing memiliki 6-7 adik dalam kelompok mereka. grup mulai dengan sesi icebreaking sambil makan snack, yaitu buah dan puding. ketika kemudian grup dari matraman sampai, mereka langsung bergabung bersama yang lain.

setelah sesi icebreaking, seorang anak dari volunteer ichi, yaitu adik Gilberto, merayakan ulang tahunnya bersama adik adik dari sanggar matahari dan matraman. semua bernyanyi gembira, mengucapkan selamat ulang tahun, dan juga memakan kuenya :) setelah itu, kami masuk ke sesi belajar. ke semua anak yang kira kira jumlahnya 56 anak, dibagi mengikuti minat. ada 3 kelompok belajar, yaitu mewarnai, menggambar, dan melipat kertas.  kalau di kelompok menggambar dan melipat ada sekitar 10 orang, namun di mewarnai ada lebih dari 30 orang. wah mewarnai banyak sekali peminatnya ya.

kelompok mewarnai dipimpin oleh kak Putri dan Kak Fifih. sementara di kelompok melipat, ada kak Emmy dan kak Win. daaan, di kelompok menggambar ada kak Sahal. adik adik terlihat tekun sekali melakukan kegiatan ini. ketika selesai, pekerjaan mereka pun dikumpulkan untuk dinilai oleh kakak kakaknya. sementara itu, adik adik kembali dikumpulkan untuk sesi berikutnya yang tidak kalah seru, yaitu sesi pembacaan dongeng. Kak Sasa bercerita tentang asal usul Danau Toba. sambil mendengar kak Sasa, adik adik memakan roti isi dan minum susu kotak. setelah selesai, kak Emmy dan kak Fifih mengumumkan 7 pemenang utk 3 kegiatan yang tadi dilakukan. kak Satu membagikan hadiah berupa pakaian baru. setelah itu, acara pun selesai. sambil menutup acara, nasi kuning dibagikan kepada setiap anak untuk dibawa pulang. ketika kami kira acara sudah selesai, rupanya kakak-kakak mendapat kejutan, yaitu dinyanyikan lagu oleh adik adik, sebagai tanda terima kasih. mengharukan sekali. terima kasih adik adik. setelah itu, acara selesai, dan jemputan mereka pun datang.

DARI ICHI
Pada kegiatan ICHI bulan ini, saya senang bukan main. pertama karena jumlah anak nya yang kami ajak bermain, mencapai 56 orang. kedua, karena kakak kakak yang datang juga lebih dari 20 orang. ketiga, banyak wajah baru yang bergabung bersama kegiatan ICHI ini. ke empat, kami semua, adik, kakak, sepertinya senang menjalani acara Piknik hari ini. kelima, walaupun hujan sepertinya akan turun, tapi sampai kami selesai, tidak turun sedikitpun. saya masih bisa melanjutkan kira kira 5 alasan lagi, tapi intinya, saya sangat bahagia. melihat senyum para adik kita, yang membutuhkan bantuan dan kasih sayang kita, bisa mengembang lebar, melihat mereka mewarnai dengan serius, enak sekali. untuk saya pribadi, seakan mengisi suatu bagian yang memang harus diisi dengan membantu orang lain. seperti makan dan minum, membantu menurut saya adalah sebuah kebutuhan juga. memberi kebahagiaan di orang lain, itu seperti menciptakan kebahagiaan untuk kita sendiri. saya tidak melebih-lebihkan. sekali lagi terima kasih kepada teman teman yang sudah membantu. sekarang kita membantu 56, semoga nanti bisa menjadi 100, 200, atau 2000 anak. karena dimana ada kemauan disitu ada jalan, dan jika kemauan itu positif, pasti dimudahkan oleh sang pencipta.

Satu Cahaya Langit, Panitia ICHI

ICHI THANKS TO :
Komunitas seni Kotaseni, mas edi, diah, sasa, chandra, tita syaras, izza, sagita caturdiniah, emmy emaniza, freya renata, yuli, eva, yenni, amvan, ramdan, nita, yudhit, windarto, putri, gesti, tilu, widya asmara, ayu, rudi, ayudi, dani rahmat, yudha manggala, fifih irfawani, yusra, budiarti sri dan keluarga, mba deasy, mba henn, mba kanthi arif dan keluarga, riki jayaprawira, mas agah iDea, baiq febriyanti, anugrah putra, nurdina, lindriani, ulka chandini, dita andriani, tya novitania, Erih, edi maryanto, yosi yang, dana, dan semua yang sudah membantu, sudah datang, juga sudah berniat ingin datang

LINK

NEXT PROJECT
untuk project berikutnya, pada briefing setelah kegiatan PICNICHARITY, belum terlalu dibahas, tetapi ada sedikit ide ide yang muncul, tentang acara selanjutnya

[baksos di bandung]
gagasan ini diutarakan oleh mas agah, yang berdomisili di bandung. mungkin sekali sekali kita bisa mengadakan kegiatan diluar jakarta. tentunya targetnya juga di bandung, jadi hanya kita saja yang bergerak mendatangi mereka. aturan penetapan target masih seperti standar, yaitu yang membutuhkan dan jarang mendapat bantuan.

[pelaksanaan program Beasiswa]
ini bukan bagian dari kegiatan bulanan ICHI, tapi ini adalah bentuk yang sudah lama kita bahas, kali ini, mungkin akan serius untuk direalisasikan. program ini bertujuan membiayai anak yang kurang mampu tapi masih semangat bersekolah. bentuk bantuan dibagi pada 2 kategori, pengeluaran rutin dan non-rutin. pengeluaran rutin, yaitu bayaran sekolah bulanan (1 tahun ada 12 bulan) akan kita bagi ke jumlah peserta program ini. contoh si Amin, kelas 2 SMK, bayaran perbulan adalah 150rb. ada 12 orang dari ICHI yang ikut ke program beasiswa ini. maka secara bergiliran, 12 orang akan bergantian membayar uang sekolah si Amin. jadi point utama adalah 1) JUMLAH DONASI ADALAH FIX, yaitu sebanyak biaya bulanan sekolah, 2)TANGGUNG JAWAB, diperlukan komitmen agar program ini berjalan dengan lancar. adapun pengeluaran non-rutin (seperti hadiah jika berprestasi, atau uang Praktek, uang beli baju, uang buku) akan diopen ke semua anggota, untuk di sumbangkan tanpa ada minimum jumlah donasi, atau secara urunan. tahap tahap utk pelaksanaan program ini akan dijelaskan lebih detail pada notes berikutnya.

MAU JOIN ICHI ?

Share this: