IndoCharity

Organisasi nirlaba yang ditujukan untuk menjadi rumah segala derma, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pendidikan, membina perkembangan anak-anak kurang mampu, serta pemeliharaan lingkungan.
Mari Bergabung!

JUKO Project 2011

Apa itu JUKO PROJECT?
Lebaran identik dengan baju baru. Hampir semua dari kita memadati pusat-pusat perbelanjaan baju. Hampir semua dari kita membeli baju baru. Namun untuk para dhuafa, benarkah juga demikian? Bisa kah mereka membeli baju baru? Bisa kah mereka merasakan kebahagiaan yang sama seperti kita yang setiap tahun membeli baju lebaran baru? Juko = baju koko. Juko project adalah project pembagian baju baru untuk lebaran (baju koko untuk pria, dan baju muslim untuk perempuan) untuk para kaum dhuafa. Karena kita ingin mereka merasakan kebahagiaan yang kita rasakan.

Juko Project 2010 cukup sukses ketika teman-teman ICHI berhasil menggalang dana yang cukup untuk membeli lebih dari 100 baju baru, yang sudah diberikan pada lebih dari 100 anak-anak jalanan dan kurang mampu di 4 panti asuhan dan yayasan penyandang anak jalanan. Tahun ini kita akan berusaha mengadakan kegiatan yang sama, dengan beberapa perbedaan. Perbedaannya akan dijelaskan kemudian, di bawah.

Tidak hanya dengan memberi pakaian, dalam bulan puasa ini tentunya akan lebih sempurna jika bakti sosial kita juga dibarengi dengan berbuka puasa bersama. Teknisnya sebagai berikut :

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hari dan Tanggal : Sabtu, 27 agustus 2011
Sasaran : kelompok pemulung di pinggiran Jakarta, anak dan orang tuanya
Tempat : [akan ditentukan kemudian, silahkan sarannya untuk tempat]
Acara : pemberian baju baru, berbuka puasa bersama
Yang bisa dibantu : donasi uang untuk membeli baju, atau baju koko itu sendiri (baru), atau sembako, atau pakaian bekas, atau kesediaan waktu dan tenaga untuk mengatur acara ini, atau kendaraan untuk digunakan sebagai transport, atau kue lebaran, atau seuntai doa, sudah sangat berguna :)
Contact person : Satu Cahaya Langit , 0857 1863 0055
Untuk transfer : BCA – 476 058 2064 a.n Satu Cahaya Langit , CIMB NIAGA (mandiri bisa transfer kesini) – 5200 12776 7112 a.n Satu Cahaya Langit
Keterangan lain :
-          Step by step utama nya adalah : cari tempat, kumpulkan dana, ambil data ukuran pakaian target, beli baju, serahkan donasi dibarengi dengan buka puasa bersama.
-          Cari tempat akan dilakukan sampai tanggal 20 agustus 2011.
-          Pengumpulan dana akan berlangsung sampai hari H (jika baju sudah dibeli semua dan masih ada donasi, akan ditaruh di kas ICHI untuk digunakan di project berikutnya).
-          Pengambilan data ukuran para sasaran kita, juga akan dilakukan sampai tanggal 20 agustus 2011.
-          Pembelian baju akan dilakukan sampai 24 agustus 2011.
-          Jika dana lebih dari jumlah yang diperlukan di 1 tempat, akan segera dicari target lainnya. Kita akan usahakan memberikan baju sebanyak mungkin.
-          ICHI memerlukan bantuan teman-teman untuk menjadi panitia pelaksana, yang akan dibagi menjadi beberapa bagian, seperti pencarian tempat, pembelian baju, pengambilan data, dokumentasi acara, seksi makanan, seksi acara, dan lain-lain. Silahkan hubungi Contact Person jika berminat, ya.
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------


FAQ

1.       Kenapa para pemulung? Karena panti asuhan dan yayasan biasanya sudah ramai disantuni di bulan ramadhan ini. Para pemulung biasanya luput dari perhatian.
2.       Kenapa orang tua juga mendapat pakaian? Karena orang tua pasti memperhatikan anak mereka, sebisa mungkin mereka akan membelikan baju untuk anak mereka, tapi mereka sendiri, siapa yang memperhatikan? Mungkin tidak ada dan mungkin tidak membeli baju baru.
3.       Apa yang berbeda dengan JUKO 2010? Tahun lalu, hanya anak-anak. Tahun ini, kita akan mengapresiasi cinta orang tua pada anaknya.
4.       Gambaran apa yang ada di otak penggagas ide ini? Pernah lihat satu keluarga (ibu, bapak, anak) ketika lebaran mengenakan pakaian baru yang seragam? Terlihat manis dan kompak. Saya membayangkan keluarga pemulung juga mengenakan pakaian yang demikian. Bersih, wangi, di hari yang suci.




Kriteria Pemilihan Sasaran:
1. Kelompok pemulung.
2. Bertempat di pinggiran Jakarta, karena biasanya yg di pinggiran masih kurang bantuan.
3. Tidak meminta (mayoritas penghuninya bukan pengemis).
4. Keadaannya memprihatinkan.
Syarat di atas tidaklah mutlak, karena pada dasarnya kita ingin membantu. Jadi kalau tidak bisa dapat info sasaran di pinggiran dan yang ada hanya di Jakarta, kita tetap melaksanakan kegiatan kita ini. Atau juga semisal pada kawasan itu 40% juga mengemis dan kita tidak menemukan tempat lain, tetap akan kita adakan. Dan tidak harus pemulung, semisal kuli bangunan pun boleh, asalkan memang perlu kita bantu.

Demikian penjelasan dan undangan untuk berpartisipasi dalam acara ini. Kalau sudi, silahkan diteruskan kepada teman-teman lainnya. Karena jika kita semua berjabat erat, dan bergerak bersama, tidak hanya memindahkan gunung, tapi menggoyangkan bumi ini pun kita bisa (Ir.Soekarno).

Terima kasih atas perhatiannya.

Satu Cahaya Langit
Anggota ICHI

Twitter : @indocharity

Share this: